Jenis Pompa Air – Kenali Sebelum Membeli

Pompa air (Pumps) adalah alat yang umum kita gunakan untuk kebutuhan rumah tangga, misalnya untuk mengisi air ke dalam tandon, mengalirkan air dari sumur ke pipa rumah/kran air, dsb. Sehingga kita dapat menggunakan air untuk berbagai macam aktivitas. Pompa air sendiri memiliki berbagai macam jenis, yang tentunya juga memiliki fungsi yang berbeda dalam aplikasi penggunaannya, walaupun sama-sama digunakan untuk memompa air. Ada baiknya Anda sedikit mengenali jenis pompa sebelum membeli atau mencari sparepart pompa air yang rusak.

1. Pompa air sumur dangkal.

Adalah pompa air yang digunakan untuk penggunaan ringan, karakteristik utama dari pompa air sumur dangkal adalah pada daya hisapnya (Suction head) yang hanya maksimal kedalaman 9 meter saja.

2. Pompa air sumur dalam.

Pompa air sumur dalam digunakan untuk menghisap air dengan kedalaman lebih dari 9 meter, karakteristik utama dari pompa air sumur dalam adalah adanya Jet Injector yang berfungsi untuk menguatkan daya pancar dari air yang dihisap.

Pompa air sumur dalam terdiri dari pompa air semi jet (semi jet pump)dan pompa air jet (jet pump). Perbedaan utama dari keduanya adalah pada keberadaan tabung yang dapat menambah kekuatan pada daya hisap dan daya pancar pompa jet. Pada pompa air jet terdapat tabung, sedangkan semi jet tidak.

3. Pompa celup.

Pompa celup, sesuai dengan namanya adalah pompa air yang bekerja dengan cara dicelupkan ke dalam air, karakteristik dari pompa celup adalah daya pancar air maksimal yang dapat dihasilkan dari pompa celup berkisar 5 meter (Menyesuaikan dari tipe pompa celup yang digunakan).

4. Pompa Booster.

Berbeda dengan jenis pompa lainnya yang dipasang di dekat sumber air, pompa booster dipasang di tengah instalasi pipa air. Hal ini karena pompa booster adalah pompa air penunjang yang hanya berfungsi untuk menguatkan pancaran / aliran air pada pipa saluran air yang terdapat pada rumah / bangunan.

Penggunaan pompa booster umumnya ketika daya pancar dari pompa air dirasa kurang kuat atau sebagai penunjang pada alat yang memerlukan standar pada debit air sebagai input agar alat tersebut dapat beroperasi maksimal, misal pada Water heater.

Demikian artikel mengenai jenis-jenis pompa air, semoga Anda tidak salah memilih jenis pompa air yang Anda butuhkan. Jika Anda membutuhkan bantuan lebih lanjut untuk pemasangan pompa air di pontianak ataupun di daerah lainnya, kami siap membantu..FREE KONSULTASI!

error: Konten Dilindungi Hak Cipta!