Jenis Jenis Sumur – Kenali Sebelum Membuat

Jenis-jenis sumur yang umumnya dipakai oleh masyarakat indonesia ada berbagai macam bentuk, cara pembuatan sumur pun terdapat berbagai macam cara mulai dari yang dikerjakan secara manual ada juga yang dikerjakan dengan menggunakan mesin mesin bor yang canggih, untuk menghasikan kualitas air sumur yang baik.

1. Sumur Gali

Sumur gali merupakan salah satu jenis sumur yang pengerjaannya masih dilakukan secara manual dengan cara menggali tanah hingga menemukan sumber air yang tepat. Hasil galian tersebut diberi dinding sumur agar tanah tidak mengalami kelongsoran. Kedalaman sumur gali tidak terlalu dalam hanya sekitar 10 hingga 20 meter, tergantung di mana lokasi membuat sumur gali tersebut.

Lokasi di dataran tinggi ataukah di dataran rendah, dan jika penggalian sudah mencapai sumber air sumur gali akan dihentikan. Karena hanya mengandalkan tenaga manusia untuk membuat sumur gali, pengerjaan sumur gali biasanya memakan waktu yang cukup lama.

Alat yang digunakan untuk menaikan air ke permukaan tanah, biasanya dilakukan secara tradisional yaitu dengan menggunakan tali yang ujungnya diikat dengan ember dan dikerek ke atas.

2. Sumur Pompa Tangan

Sumur pompa tangan dibuat dengan cara mengebor tanah hingga kedalaman tertentu sampai mencapai sumber air. Setelah sumur sudah dibuat kemudian dipasang pipa hisap yang di ujung atasnya disambung dengan pompa air manual yang menggunakan kayuhan tangan manusia untuk menaikan airnya ke permukaan tanah.

Sumur jenis ini juga dikerjakan secara manual oleh tenaga manusia, dengan kelebihan yang tidak memakan tempat yang luas dan tidak memerlukan tenaga listrik untuk mendapatkan air. Kedalaman sumur ini yaitu sekitar 10 hingga 20 meter tergantung kondisi lokasi. Namun, kendalanya pada kerusakan pompa air yang sering terjadi.

3. Sumur Bor

Sumur bor menggunakan peralatan yang lebih canggih, dengan menusukan mata bor yang sudah disambung dengan pipa besi kemudian ditancapkan secara vertikal ke dalam tanah. Material tanah dan pasir dinaikkan sedikit demi sedikit menggunakan mata bor tersebut, untuk menjaga agar tidak mengalami kelongsoran dinding sumur dibuat menggunakan pipa paralon yang dimasukan ke dalam lubang yang sudah dibor.

Selanjutnya memasukan pipa hisap yang di ujung bawahnya sudah diberi saringan dan dop. Dan unjung pipa hisap bagian atas disambungkan dengan mesin pompa untuk menaikan air ke permukaan tanah, dengan kedalaman sumur bor yang baik mencapai 50-60 meter di bawah permukaan tanah.

4. Sumur Artesis

Sumur artesis adalah sumur modern yang dibuat dengan menggunakan peralatan yang canggih dan modern yang dapat menembus berbagai lapisan yang ada di dalam tanah, baik lapisan tanah liat yang berlumpur hingga lapisan tanah yang berbatu. Cara pembuatan sumur artesis yaitu dengan menancapkan mata bor secara vertikal ke dalam tanah hingga mencapai lapisan tanah aquifer yang mengandung sumber air yang sangat sangat melimpah.

Air yang terdapat di lapisan equifer memiliki tekanan yang cukup tinggi bahkan ada sumur artesis yang tidak membutuhkan pompa untuk menaikan air dalam tanah ke permukaan karena tekanan air alami yang sangat tinggi. Pengerjaan sumur artesis hanya dapat dilakukan oleh tenaga tenaga ahli dengan peralatan yang mumpuni. Kedalaman sumur ini dapat mencapai kedalaman 250 meter dari permukaan tanah dan melewati lapisan tanah yang padat dan keras.

5. Sumur Resapan

Sumur resapan yang dibuat menyerupai bentuk dari sumur gali dengan tingkat kedalaman tertentu yang berfungsi sebagai wadah untuk menampung air hujan yang turun untuk meresapkannya ke dalam tanah. Sasaran yang ditentukan untuk resapan air biasanya berada di kawasan budidaya, pemukiman, perkotaan, pertokoan, industri dan lain sebagainya. Sumur resapan berfungsi memberikan tambahan air dengan metode memasukan air hujan ke dalam lapisan tanah.

  • Mengurangi aliran air ke permukaan sehingga dapat mencegah terjadinya banjir dan genangan air.
  • Mempertahankan dan meningkatkan tinggi permukaan air tanah.
  • Mengurangi erosi dan sedimentasi
  • Dapat membantu menahan intrusi air laut untuk daerah yang berada dekat dengan pantai.
  • Mencegah penurunan tanah
  • Mengurangi konsentrasi pencemaran air tanah.

Jika Anda sudah menentukan sumur mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda, silahkan hubungi kami untuk konsultasi dan pemasangannya. Tim ahli kami adalah tenaga terlatih yang siap melayani jasa pemasangan sumur di pontianak, atau dimanapun dibutuhkan dengan berbagai tingkat kesulitan medan.

error: Konten Dilindungi Hak Cipta!